4 Alasan Mengapa Belajar Bela Diri Penting untuk Anak-anak

Mengajari anak-anak membela diri adalah sesuatu yang sering kita abaikan, padahal hal itu sangat penting. Di zaman modern seperti ini sangat banyak sekali kasus intimidasi di sekolah. Dampak dari intimidasi ini pun tak hanya berupa fisik, namun juga kondisi psikologis anak. Anak yang memiliki sifat pemalu dan tidak dibekali cara membela diri, biasanya akan menjadi korban intimidasi. Oleh sebab itu, sebagai orang tua kita juga harus memperhatikan betul hal ini. salah satu yang bisa dilakukan kita sebagai orang tua adalah mendaftarkan anak ke kelas bela diri.

Pembelaan diri tidak hanya memungkinkan anak-anak untuk membela diri dari serangan fisik, tetapi juga memicu berbagai manfaat bagi anak dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai dan prinsip-prinsip penting akan dapat mereka pelajari, seperti kerja keras, dedikasi, ketekunan, serta pentingnya menjaga hubungan pribadi.

Seni bela diri atau yang biasa disebut dengan martial arts tidak hanya mengajarkan tentang bela diri saja. Ada begitu banyak manfaat yang dapat diambil anak-anak dari seni bela diri, ini bisa menjadi sesuatu yang bisa Anda pertimbangkan sebagai orang tua. Selain mendapatkan ilmu pertahanan diri, seni bela diri juga dapat membentuk karakter anak (baca juga https://www.rumbletc.com/begini-cara-martial-arts-mengubah-anak-anda/)

Jika Anda ingin memberikan kegiatan olahraga untuk anak Anda di waktu luang, maka kami menyarankan Anda untuk memilih olahraga bela diri. Jika di sini Anda bertanya “Kenapa harus olahraga bela diri?” Maka di sini kami akan memberi alasan mengapa belajar bela diri penting untuk anak-anak.

 

Memberi pengetahuan tentang bela diri

Bela diri adalah hak dasar bagi setiap manusia, termasuk anak-anak. Pengetahuan dan pentingnya membela diri dalam perkembangan anak bisa dikatakan penting. Sebab selain mendapat pengetahuan tentang bela diri, anak juga akan mendapat kedisiplinan serta tanggung jawab.

Seni bela diri akan mengajarkan anak-anak Anda dengan berbagai macam teknik. Jangan pernah menganggap bahwa bela diri hanya untuk digunakan bertempur saja. Itu salah,  seni bela diri mengajarkan anak-anak kapan dan di mana mereka dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Mereka (anak-anak) juga akan diajarkan bahwa fisik mereka sendiri bukanlah alat yang digunakan untuk menyakiti orang lain, melainkan hanya untuk membela diri saat terjadi kejahatan.

Dengan berlatih bela diri, anak akan cepat memahami peran serta tanggung jawab mereka dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bela diri bisa menjadi solusi menangani intimidasi di lingkungan manapun

Bullying atau intimidasi adalah mimpi buruk baik untuk anak-anak maupun orang tua. Akhir-akhir ini kami mendengar banyak sekali korban viral di sosial media akibat bullying atau intimidasi, seperti perempuan smp yang diintimidasi teman laki-lakinya di sekolah Jawa Tengah.

Intimidasi di sekolah telah menjadi masalah yang besar selama bertahun-tahun. Di sini kelas bela diri menawarkan program untuk mengakhiri intimidasi yang sedang marak tersebut, dengan mengembangkan keterampilan sosial pada anak-anak.

Seni bela diri memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan kepercayaan diri, disiplin, harga diri serta menghargai orang lain. Anak akan diajari untuk membentuk kepribadian yang baik untuk menghentikan intimidasi. Sebagai orang tua cobalah untuk mendaftarkan anak Anda di kelas bela diri, lalu lihat dampak positif yang anak Anda dapatkan di kelas bela diri tersebut.

 

Seni bela diri mengajarkan banyak nilai dan prinsip hidup

Seni bela diri menanamkan banyak nilai dan prinsip penting kepada anak-anak. Melalui rintangan yang diberikan, memungkinkan anak melihat lebih jauh tentang kemampuan anak tersebut. Seni bela diri memberikan banyak pelajaran hidup di gym.

Beberapa nilai yang diajarkan seni bela diri termasuk integritas, kerendahan hati, rasa hormat, disiplin dan keberanian.

Prinspi penting lainnya adalah anak akan diajarkan tentang pentingnya sebuah kegagalan dalam hidup mereka. Sepanjang hidup semua orang pasti akan gagal, di sini bela diri mengajarkan anak untuk merangkul kegagalan tersebut dan melihatnya sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri. Tentu ajaran dan prinsip seperti ini tidak akan pernah anak pelajari di buku pelajaran.

 

Mengajarkan anak-anak untuk lebih displin dan tanggung jawab

Salah satu pelajaran paling penting terakhir adalah disiplin serta tanggung jawab. Anak akan diajarkan untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab atas semua tindakan yang mereka lakukan. Kehidupan tidak semuanya berjalan baik, seringkali masalah dan hambatan datang untuk menghalangi tujuan atau cita-cita.

Dari jatuh berguling guling dan mendapat banyak pukulan akan mengajarkan anak bahwa tidak masalah seberapa keras ia jatuh ke tanah. Yang terpenting adalah bagaimana ia bisa bangkit dan terus berjuang untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

 

Itu tadi adalah beberapa alasan, mengapa penting mengajarkan bela diri kepada anak-anak. Jika Anda berniat untuk memasukkan anak ke dalam kelas bela diri. Anda bisa mendaftarkan anak Anda di Rumble Training Camp. Kami mempunyai 2 cabang camp di Surabaya yang terletak di Surabaya Timur (Jl Klampis Jaya 102-105 Surabaya, masuk Giant lantai 3) dan Surabaya Barat (PTC lantai Ground Flour next dunia ikan). Selain menyediakan camp dan beberapa pilihan kelas bela diri, di dalam camp Rumble juga menyediakan toko peralatan bela diri. So, tunggu apalagi? Buruan datang ke camp kami, kunjungi juga instagram kami di @rumble_tc dan @rumble_tc2.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top