top of page

7 Persiapan Penting Sebelum Ikut Kelas Boxing Pertamamu

Belajar boxing untuk pertama kali umumnya tidak berfokus pada pukulan dan gerakan saja. Training dilakukan untuk menggabungkan kekuatan fisik, ketangkasan mental, dan ketahanan. Sayangnya, meski banyak yang tertarik mencoba latihan, sebagian besar melakukan start yang salah.


Sebelum melangkah ke dalam ring atau gym, ada beberapa aspek penting yang perlu dipahami. Dari memilih peralatan yang tepat hingga memahami dasar-dasar teknik, setiap elemen memiliki peran krusial dalam membangun fondasi yang kuat dalam olahraga ini. 


Artikel ini akan menyediakan panduan komprehensif bagi pemula yang ingin memulai perjalanan mereka dalam belajar boxing. Kamu akan mendapatkan wawasan dan tips untuk memastikan pengalaman yang aman dan efektif hingga mahir dalam bela diri ini.



belajar boxing pertama kali
belajar boxing pertama kali


Istirahat Cukup Sebelum Belajar Boxing

Istirahat yang memadai sebelum memulai sesi latihan intensif sangat penting untuk memulihkan energi dan mengurangi risiko cedera. Tubuh yang lelah akan sulit untuk merespons dengan cepat dan efektif terhadap instruksi pelatih, sehingga istirahat yang cukup menjadi kunci untuk memaksimalkan potensi latihan.


Istirahat tidak hanya berfokus pada tidur yang cukup, tetapi juga menghindari aktivitas fisik berat sehari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga otot tetap rileks dan siap menghadapi tantangan fisik yang akan dihadapi. 


Latihan boxing membutuhkan koordinasi dan konsentrasi tinggi, sehingga tubuh yang tidak lelah akan lebih mudah beradaptasi dengan gerakan-gerakan baru yang akan dipelajari. Selain itu, istirahat yang cukup juga berkontribusi pada kesehatan mental. 


Seorang pemula dalam boxing sering merasa gugup atau cemas sebelum memulai kelas pertama. Dengan istirahat yang baik, pikiran akan lebih tenang dan siap untuk menerima pelajaran baru. Ini membantu dalam membangun kepercayaan diri dan fokus selama sesi latihan.


Siapkan Alat Latihan

Memulai kelas boxing memerlukan persiapan alat yang tepat. Pertama, sarung tangan boxing adalah esensial. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran tangan untuk kenyamanan dan perlindungan maksimal. Material yang berkualitas menyerap keringat dan mengurangi risiko cedera.


Selanjutnya, hand wraps atau pembalut tangan. Fungsinya vital dalam menstabilkan pergelangan tangan dan jari. Pembalut tangan yang elastis dan kuat memberikan dukungan ekstra saat memukul, mengurangi risiko cedera.


Terakhir, sepatu boxing. Sepatu yang ringan dan memberikan dukungan pada bagian tumit penting untuk mobilitas dan keseimbangan. Pilihlah sepatu dengan sol yang fleksibel untuk memudahkan pergerakan saat latihan. 


Jika belum punya, tidak perlu khawatir, jika kamu latihan di Rumble Training Camp sudah disediakan peralatan yang cukup untuk memulai latihan. Namun, tetap dianjurkan pakai peralatan sendiri agar lebih nyaman dan tidak repot bergantian dengan banyak orang.


Hindari Latihan dengan Perut Penuh

Sebelum kelas boxing, penting untuk memperhatikan asupan makanan. Mengonsumsi makanan berat sebelum latihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengurangi efektivitas latihan. Pilihlah waktu makan yang tepat, idealnya 2-3 jam sebelum latihan.


Makanan yang dikonsumsi sebaiknya ringan namun bergizi. Pilihlah karbohidrat kompleks dan protein untuk energi berkelanjutan. Hindari makanan berlemak dan berat yang memperlambat pencernaan dan dapat menyebabkan kram perut atau begah.


Hidrasi juga krusial. Minumlah air yang cukup sebelum latihan untuk mencegah dehidrasi. Namun, hindari minum terlalu banyak sekaligus tepat sebelum latihan untuk menghindari rasa tidak nyaman saat bergerak aktif.


Memakai Pakaian yang Tepat

Memilih pakaian untuk belajar boxing bukan hanya soal gaya, tetapi juga kenyamanan dan fungsi. Pakaian harus mendukung gerakan intensif tanpa menghambat. Kaos atau tank top yang pas di badan, tidak terlalu longgar, adalah pilihan ideal.


Celana juga penting. Pria dapat memilih celana pendek olahraga yang nyaman, sementara wanita mungkin lebih memilih legging atau celana pendek olahraga. Pastikan pakaian bawah ini tidak mengganggu saat melakukan gerakan seperti squat atau melompat.


Sepatu olahraga dengan dukungan yang baik untuk pergelangan kaki dan sol yang memungkinkan pivot (pergerakan kaki) mudah adalah hal penting. Sepatu khusus boxing bisa menjadi investasi yang baik, tapi sepatu olahraga biasa juga cukup untuk pemula.


Mulai Belajar Melompat Tali

Lompat tali (skipping) adalah latihan kardio yang efektif untuk meningkatkan stamina dan koordinasi, khususnya dalam boxing. Memulai latihan ini sebelum kelas boxing dapat memberikan keuntungan dalam hal ketahanan dan kelincahan.


Pilih tali lompat yang sesuai dengan tinggi badan. Tali yang terlalu panjang atau pendek dapat menghambat ritme dan efektivitas latihan. Berlatihlah dengan ritme yang konsisten, fokus pada koordinasi tangan dan kaki.


Latihan ini tidak hanya meningkatkan stamina, tetapi juga membantu dalam mengembangkan ritme dan timing yang penting dalam boxing. Mulailah dengan sesi pendek dan bertahap tingkatkan durasi dan intensitas latihan.


Jangan Berharap Langsung Bisa Bertarung (Sparring)

Memasuki dunia boxing, penting untuk memahami bahwa bertarung atau sparring bukanlah langkah awal. Fokus awal adalah pada dasar-dasar teknik, bukan langsung bertarung. Kesabaran dan pemahaman ini penting untuk perkembangan yang sehat dalam olahraga ini.


Sparring memerlukan keterampilan dan pengalaman yang tidak dimiliki oleh pemula. Mengharapkan untuk langsung bertarung dapat menimbulkan risiko cedera dan pengalaman yang tidak menyenangkan. Latihan awal lebih mengutamakan pembelajaran gerakan dasar dan membangun kekuatan fisik.


Pentingnya membangun fondasi yang kuat tidak bisa diabaikan. Dengan memahami teknik dan strategi dasar terlebih dahulu, sparring yang aman dan efektif dapat dilakukan di masa depan. Ini adalah proses bertahap yang membutuhkan waktu dan dedikasi.


Menguasai Stance Boxing

Menguasai stance atau posisi dasar dalam boxing adalah langkah awal yang krusial. Stance yang benar memberikan keseimbangan, memudahkan gerakan, dan merupakan dasar untuk semua teknik selanjutnya. Ini adalah fondasi yang akan menentukan efektivitas latihan.


Stance yang baik melibatkan posisi kaki yang tepat, berat badan yang seimbang, dan sikap tubuh yang siap untuk bertahan atau menyerang. Latihan ini membutuhkan konsistensi dan kesabaran, karena kebiasaan posisi tubuh yang baik memerlukan waktu untuk terbentuk.


Latihan stance tidak hanya di camp, tetapi juga di rumah, akan mempercepat penguasaan teknik ini. Dengan stance yang kuat, transisi ke teknik yang lebih kompleks menjadi lebih mudah dan efektif. Ini adalah investasi awal yang penting untuk karier boxing yang sukses.

-

Dalam boxing, penting untuk menyadari bahwa setiap langkah kecil merupakan bagian dari proses pembelajaran yang lebih besar. Memahami dasar-dasar, memilih peralatan yang tepat, dan membangun kekuatan fisik serta mental adalah kunci untuk sukses dalam olahraga ini. 


Ingatlah bahwa kesabaran dan ketekunan adalah aset berharga dalam perjalanan ini. Dengan pendekatan yang tepat, belajar boxing bisa menjadi pengalaman yang memuaskan dan mengubah hidup. Bahkan bisa menjadi bagian dari lifestyle.


Jika kamu tertarik latihan boxing dari dasar sampai mahir dan siap tanding, gabung segera di Rumble Training Camp!


8 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page